/

Besar Modal yang Diperlukan untuk Usaha Internet Marketing

Usaha memerlukan modal. Karena usaha merupakan kegiatan ekonomi, yaitu kegiatan memanfaatkan modal seadanya untuk memperoleh keuntungan maksimal. Bohong banget kalau ada program yang mengatakan internet marketing (IM) dengan modal gratis. Semua perilaku usaha membutuhkan modal, termasuk internet marketing.

Modal tidak selalu berbentuk uang yang perlu kita keluarkan. Karena kita bisa mendapatkan modal uang dari investor. Pintar-pintar saja menggaet investor agar mau menginvestasikan uangnya untuk dijalankan melalui usaha kita. Selain uang, modal yang paling penting untuk memulai internet marketing adalah pengetahuan mengenai dunia maya. Kalau IM dijalankan melalui blog berarti kita perlu memiliki pengetahuan mengenai blog, menulis, html, css, dan sebagainya. Pengetahuan yang sangat mendasar untuk dijadikan modal memulai IM melalui blog adalah pengetahuan mengenai blog dan menulis. Untuk masalah html dan css bisa dipelajari kemudian.

Modal yang berupa uang adalah biaya yang dikeluarkan untuk koneksi internet, sewa domain, dan sewa hosting. Bagi pemula, besar modal yang diperlukan cukup sebatas biaya untuk koneksi internet. Saya rasa untuk hal ini kita tidak memerlukan investor, karena sekarang ini koneksi internet di Indonesia sudah terjangkau walaupun koneksinya memang lambat. Tapi tidak perlu khawatir, karena IM melalui blog tidak membutuhkan bandwith yang besar. Dengan hanya bermodal Rp50K-an kita bisa memulai usaha internet marketing. Untuk koneksi internet yang lebih baik, kita bisa membeli koneksi internet seharga Rp100K-an.

Untuk membuat blog pertama, kita bisa menggunakan layanan blog gratis dari blogger.com.

Namanya usaha harus berorientasi pada uang dan keuntungan. Berarti dengan uang Rp50K atau Rp100K yang kita keluarkan sebagai modal berupa biaya koneksi internet kita harus bisa memperoleh pemasukan lebih dari Rp50K atau Rp100K dari internet marketing.

Banyak peluang IM yang bisa kita jalankan. Misalnya memasang iklan di blog, affiliate marketing melalui blog, menjual produk melalui blog, menawarkan jasa melalui blog, dan sebagainya. Kita perlu fokus menjalankan internet marketing yang kita pilih. Jangan plin-plan dan jangan menclak-menclok. Tidak baik mencoba-coba program IM baru dan meninggalkan program yang sudah dijalankan dalam waktu yang singkat. Biasanya karena alasan tergiur dengan program baru, pelaku internet marketing pemula cepat berpaling dari satu program ke program lain. Minimal, tunggu dulu tiga bulan menjalankan IM yang satu. Jika penghasilan yang diperoleh tidak signifikan, baru coba program lainnya.

Dalam melakukan eksperimen, kita perlu terus memantau penghasilan yang kita peroleh secara berkala. Kapan kita mendapat penghasilan maksimum dan kapan kita mendapat penghasilan minimum. Agar kita dapat mengantisipasi ketika penghasilan kita anjlok dan agar kita tahu apa yang membuat penghasilan kita maksimum.

Setelah kita bisa memperoleh keuntungan dari kegiatan yang kita jalankan, kita bisa meningkatkan kinerja dan kualitas media internet marketing kita. Kita bisa menyisihkan keuntungan yang kita peroleh untuk membeli top level domain dan mengganti alamat blog kita yang tadinya hanya merupakan subdomain dari blogspot menjadi top level domain. Hal ini akan membuat blog kita mendapat reputasi yang lebih baik dari pengunjung/pelanggan atau mesin pencarian. Selain itu blog dengan top level domain akan meningkatkan branding blog kita. Modal yang perlu dikeluarkan untuk membeli domain untuk jangka waktu satu tahun adalah Rp120K (rata-rata harga dari berbagai penjual domain). Cara mengubah subdomain blogspot menjadi top level domain cukup mudah dilakukan dengan cara custom domain.

Pantau terus perkembangan penghasilan yang diperoleh ketika melakukan perubahan. Kita bisa mempertahankan blog kita di blogspot dengan top level domain atau kita juga bisa memindahkan layanan blog yang asalnya di blogger (gratis) ke layanan blog dari wordpress (berbayar). Ini adalah pilihan masing-masing. Jika penghasilan yang diperoleh dari layanan blogger cukup memuaskan, teruskan saja. Tapi kalau ingin meningkatkan fitur blog, kita perlu untuk menyewa hosting. Biaya untuk menyewa hosting dengan fitur yang standard adalah Rp300K per tahun. Dengan memiliki hosting, kita bisa lebih meningkatkan kualitas media internet marketing. Selain kita dapat menginstall layanan blog seperti wordpress, kita juga bisa menginstall forum melalui domain kita yang bisa digunakan pengunjung/anggota untuk berinteraksi satu sama lain.

Blog yang dijalankan dengan wordpress atau CMS sejenis memiliki kelebihan dalam hal optimasi SEO serta memiliki banyak fitur lain yang dapat kita tambahkan atau kurangi secara lebih leluasa. Selain itu, blog dengan wordpress akan menjadi milik kita seutuhnya dan dapat kita modifikasi sesukanya tanpa terikat dengan pemilik utama layanan blog seperti blogger.

Berikut adalah kesimpulan yang dapat ditarik dari penjelasan saya di atas mengenai modal yang diperlukan untuk memulai usaha internet marketing. Saya sajikan dalam beberapa paket yang saya namai sendiri.

  • Paket Minimalis
    Modal Rp100K/bulan untuk biaya koneksi internet dan blog gratis dari blogger.
  • Paket Branding
    Modal Rp100K/bulan (koneksi internet) + Rp120K/tahun (domain)
    Total Rp220K (bulan pertama).
  • Paket Plus Fitur
    Modal Rp100K/bulan (koneksi internet) + Rp120K/tahun (domain)
    + Rp300K/tahun (hosting)
    Total Rp520K (bulan pertama).

Penghasilan yang dapat diperoleh dari modal yang kita keluarkan adalah minimal $100 (bagi yang sudah mapan). Silakan hitung sendiri keuntungan tiap bulan dan tiap tahunnya. Kesimpulannya, gak perlu ragu mengeluarkan modal untuk mendapatkan penghasilan yang berkali lipat besarnya dari usaha internet marketing.


Oleh Opan
Dipostkan
Seorang guru matematika yang hobi ngeblog dan menulis. Terwujudlah blog ini sebagai sarana berbagi pengetahuan yang saya miliki.


Demi menghargai hak kekayaan intelektual, mohon untuk tidak menyalin sebagian atau seluruh halaman web ini dengan cara apa pun untuk ditampilkan di halaman web lain atau diklaim sebagai karya milik Anda. Tindakan tersebut hanya akan merugikan diri Anda sendiri. Jika membutuhkan halaman ini dengan tujuan untuk digunakan sendiri, silakan unduh atau cetak secara langsung.


No comments:

Post a Comment